Cegah Virus Corona, Lakukan Olahraga ini!




Pandemi Covid-19 atau Virus Corona masih terjadi di berbagai Negara, termasuk Indonesia. Berdasarkan data per 21 April 2020, dinyatakan bahwa 7.135 orang telah terkonfirmasi positif virus corona, 5.677 orang dirawat, 616 orang meninggal dunia, dan 842 orang sembuh.

Peningkatan jumlah penderita Covid-19 yang tinggi dari hari ke hari, membuat pemerintah mengeluarkan himbauan Physical Distancing dan yang terbaru adalah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Tujuannya untuk menghambat penyebaran Covid-19.

Hal ini menyebabkan sebagian besar para pekerja dirumahkan untuk melakukan WFH (Work From Home). Begitupun mereka yang duduk di bangku sekolah atau kuliah, saat ini diwajibkan untuk melakukan pembelajaran secara online atau daring. Namun, meskipun semuanya harus dilakukan dirumah, tidak boleh membuat kita hanya berdiam diri tanpa melakukan apapun.

Karena, tetap aktif dan rutin melakukan olahraga untuk menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan satu cara dalam mencegah dan menjaga diri kita agar tidak terinfeksi Covid-19. Bapak Zaenal Mutaqqin Sofro (Pakar Kedokteran UGM) menyatakan bahwa ada dua jenis olahraga yang dapat dilakukan dirumah selama pandemi Corona.

Yang pertama adalah Olahraga Fisik (Physical Exercise) dan kedua adalah Olahraga Saraf (Neural Exercise). Olahraga fisik berfungsi untuk menjaga otot tetap bugar saat melakukan aktivitas sehari-hari, namun tidak boleh berlebihan ya dalam prakteknya. Sebab, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan. Frekuensi olahraga fisik dapat dilakukan 3-5 kali dalam seminggu, dengan durasi 30-45 menit dan intensitas sedang. Sedangkan untuk olahraga saraf, bisa dilakukan setiap saat, kapan saja dan dimana saja. Dengan melakukan olahraga ini akan meminimalisir stress dan dapat menjadikan tubuh sehat. Berikut macam-macam olahraga tersebut :

Olahraga Fisik (Physical Exercise)
1.      Jogging

Jogging merupakan kegiatan jalan santai sambil berlari-lari kecil. Jogging tidak membutuhkan alat bantu apapun, sehingga olahraga ini cocok bagi kalian yang baru ingin memulai untuk berolahraga.

2.      Bersepeda Statis


Bagi saya, sepeda statis merupakan olahraga favorit. Karena selama saya berolahraga dengan mengayuh, saya tetap bisa melakukan aktivitas lain seperti menonton TV atau bahkan berbalas pesan melalui ponsel. Sehingga olahraga yang saya lakukan tidak membosankan.

3.      Senam 

Teknologi saat ini sudah sangat modern. Aktivitas senam tidak harus dilakukan diluar rumah dengan berkumpul dan dipandu oleh instruktur dilapangan dekat rumah setiap minggu sore seperti sediakala. Saat ini banyak Channel Youtube khusus olahraga yang menyajikan tayangan senam untuk kita tiru dimanapun kita berada. Sangat praktis bukan?

4.      Berenang

Untuk kalian yang memiliki fasilitas kolam renang di tempat tinggalnya. Bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berolahraga. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, berenang dapat menurunkan berat badan, menyingkirkan stress dan depresi serta menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.


Olahraga Saraf (Neural Exercise)

Pernapasan
1.      Senam Tera


Senam Tera merupakan latihan fisik dan mental. Bersumber dari senam pernapasan Thai Chi. “Tera” berarti terapi yang mempunyai arti pengobatan/penyembuhan.

2.      Yoga

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan fikiran yang fokus pada pernapasan, fleksibilitas dan kekuatan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan mental.

Vokalisasi
1.      Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah efektif dalam meredakan kecemasan dan stress, menstabilkan denyut jantung dan tekanan darah, mningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta membantu menghancurkan sel-sel kanker.

Postur
1.      Sholat


Di Perancis, beberapa waktu lalu sempat terjadi penyebaran penyakit Desk, dari 20 warganya 18 orang positif terjangkit. Dan dokter disana menyarankan pasiennya untuk melakukan sholat sebagai terapi penyakit tersebut. 

Setiap hari umat muslim bersujud minimal 34 kali sehari. Angka tersebut dianggap sebagai bilangan yang cocok dalam meningkatkan aktivitas saraf dan otot tubuh serta menjaga keseimbangan antar sendi, khususnya tangan, kaki, lutut dan paha.

2.      Senam Tai Chi

Senam Tai Chi adalah senam yang berasal dari Negeri Tirai Bambu yaitu China. Olahraga ini merupakan kombinasi dari pengaturan pernapasan, meditasi dan berbagai gerak olah tangan serta kaki dengan kecepatan lambat. Gerakan ini berfungsi dalam melatih keseimbangan dan koordinasi dalam tubuh.

Jadi, tidak ada alasan ya untuk tidak melakukan olahraga. Karena tubuhmu, tanggung jawabmu. Semangat Lawan Corona!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN LOMBA BAHASA

INTERVIEW DI SHOPEE POSISI DEBT COLLECTION VIA ONLINE

SOSOK INSPIRASI

TEMUBAKAT.COM ???

Jenis-Jenis PLS dan Program Kesetaraan

5 Alasan Mengapa Disiplin Penting dan Nilainya Dalam Kehidupan Kita

BIOGRAFI WIRANTO