5 Alasan Mengapa Disiplin Penting dan Nilainya Dalam Kehidupan Kita

Hai Guys,

Di dalam keseharian kita, ada banyak kebiasaan baik yang selalu digaungkan, dilakukan dan diajarkan oleh banyak orang, terkhusus orangtua kita. Satu diantaranya adalah kebiasaan disiplin. Disiplin sangat penting bagi kehidupan loh guys. Kenapa ya disiplin bisa sebegitu penting? Lalu bagaimana nilai disiplin di kehidupan kita?

Nah, gue akan bahas 5 alasan kenapa disiplin penting dan nilainya dalam kehidupan kita.

#1 Untuk Pengembangan Diri

Menurut gue, disiplin akan membantu kita untuk bertindak ke hal-hal positif. Masuk akal juga kalau disiplin itu bisa membentuk pola hidup seseorang lebih teratur dan terstruktur. Jadi, hidup orang tersebut akan terancang secara sistematis. Sikap positif sangat diperlukan untuk kehidupan yang baik, karena meskipun sikap positif itu adalah hal kecil dapat membuat perubahan yang besar. Disiplin juga membantu kita dalam melatih pikiran serta tubuh kita, meningkatkan fokus pada tujuan kita, mengatur emosi dan membantu mengatasi kegelisahan ataupun depresi.

#2 Membentuk Sikap

Satu alasan paling penting kenapa kita perlu disiplin adalah untuk membentuk sikap. Sikap yang bagaimana? Tentu sikap yang positif guys. Setiap hari kita bertemu banyak orang, menghadapi banyak situasi dan berinteraksi dengan mereka. Interaksi kita dengan mereka bisa menimbulkan akibat yang baik atau buruk. Nah, kalau kita sadar bagaimana bersikap yang layak, pastinya akibatnya akan baik. Jangan sampai malah sebaliknya ya.

Orang yang kurang disiplin, belum tentu dapat mengendalikan sikapnya saat berinteraksi dengan orang lain. Kurangnya disiplin akan berimbas pada dirinya maupun orang lain. Jadi, disiplin sangat penting dalam membantu seseorang membentuk sikap yang baik, bagaimana orang tersebut melihat situasi dan menentukan bagaimana bertindak.

#3 Meningkatkan Fokus Diri

Sangat penting mendisiplinkan diri secara mental maupun fisik untuk bergaul di masyarakat. Orang yang disiplin dalam berolahraga terbukti lebih sehat dibandingkan yang tidak melakukannya. Disiplin juga bisa menyelaraskan apa yang kalian fikirkan dengan tujuan yang ingin kalian capai guys. Hal ini masih berkaitan dengan tubuh yang lebih sehat karena berolahraga. Kalian yang sehat akan lebih fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari. So, jangan malas berolahraga ya meskipun saat ini sedang #dirumahaja. [Olahraga yang bisa dilakukan saat #dirumahaja]

#4 Meningkatkan Kesehatan Mental

Di era sekarang, banyak orang yang menderita kecemasan dan depresi. Sangat salah kalau kita menghakimi kondisi mereka, tetapi pasti ada hal yang bisa mereka lakukan dan kita dukung. Dengan mendisiplinkan diri mereka sendiri, menurut gue mereka bisa meningkatkan kehidupan mereka. Caranya gimana tuh? Satu caranya adalah mereka bisa mengendalikan emosi dengan bertindak lebih sabar. Disiplin bisa membuat hidup orang lebih teratur dan melakukan banyak aktivitas yang bermanfaat. Beda hal dengan mereka yang tidak melakukan apa-apa. Gue inget dengan pepatah orang tua “Jangan bengong, nanti kemasukan setan”, mungkin maksudnya kita diminta untuk melakukan aktivitas dan terus bergerak supaya tidak diam saja yang malah pikiran negatif mengontrol kita.

#5 Terciptanya Masyarakat yang Aman dan Nyaman

Agar kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan baik, diperlukan kedisiplinan. Bila tak ada hukum dan tata tertib, maka akan ada banyak hal buruk yang terjadi dan tidak akan terlaksana kehidupan masyarakat yang kondusif. Dibutuhkan disiplin guna mencegah kejadian tersebut dengan penerapan aturan dari pihak berwenang. Mendisiplinkan masyarakat berarti mendisiplinkan individu yang hidup di dalamnya. Mereka yang disiplin dan menaati aturan akan hidup dengan aman dan tentram, bagi mereka yang melanggar aturan maka akan menerima konsekuensi dari tindakan yang telah dilakukan.

Yaps, jadi itu aja 5 alasan kenapa disiplin itu penting dan nilainya dikehidupan kita. Segitu pentingnya ya disiplin itu, yuk sama-sama kita belajar untuk hidup disiplin. Nggak perlu menggurui, mulai dari diri sendiri aja dulu.

#SayabisaSayausaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN LOMBA BAHASA

INTERVIEW DI SHOPEE POSISI DEBT COLLECTION VIA ONLINE

SOSOK INSPIRASI

TEMUBAKAT.COM ???

Jenis-Jenis PLS dan Program Kesetaraan

BIOGRAFI WIRANTO