INTERVIEW DI SHOPEE POSISI DEBT COLLECTION VIA ONLINE

Hai Guys,

Per Januari 2020 kemarin gue memutuskan resign dari pekerjaan gue yang sebetulnya masih seumur jagung alias 4 bulan dan sampai saat ini gue masih menjadi seorang jobseeker.

Sebagai seorang Jobseeker yang punya motto “Udah apply aja sebanyak-banyaknya. Ngelamar kan gratis” ya gue akhirnya ngehajar setiap loker yang sekiranya cocok dengan latarbelakang gue untuk di apply.

Satu perusahaan yang gue kejar banget adalah Shopee. Gue apply di semua akses lamaran yang mereka buka. Mulai dari website resminya, Jobstreet, dan juga Kalibrr. Sayang, lamaran gue di Kalibrr semuanya mental. Tapi gue masih dapet angin segar karena mbak-mbak HRD Shopee ngabarin gue untuk ikut tes online posisi Debt Collection di hari yang sudah di tentukan.

Tahap 1 – Tes Psikotes Online

Tanggal 26 April gue di email undangan seleksi Tes Psikotes Online. Tesnya sendiri tanggal 28 yang berarti gue ada kesempatan belajar dulu sebelum tes. Untuk tesnya sendiri kira-kira begini :

1.      Ada 1800 soal (ada di halaman awal sebelum mulai tes) yang dibagi jadi beberapa sesi, nah gue diminta untuk ngejumlahin angka, kalau angka terakhirnya ganjil pilih (1), kalau genap pilih (0). 1 sesi lebih dari 30 soal dan akan langsung refresh otomatis saat waktunya habis. Bentuk soalnya gue bisa umpamain begini ya guys :

5 + 3 =

a.       (1)              b. (0)

 

10 + 1 =

a.       (1)              b. (0)

 

4 – 1 =

a.       (1)              b. (0)

2.      Selanjutnya adalah soal deret angka, ada 10 soal yang juga diberi waktu. Saran gue, kalian tembak aja dulu jawabannya sebelum ngerjain, supaya kalian punya kesempatan nembak jawaban sebelum waktu abis. 

3.      Yang terakhir itu soal kejelian. Jadi kalian harus pilih dari beberapa opsi mana yang memang serupa sama huruf/angka diawal. Ini soalnya juga banyak banget, gue lupa berapanya. Gambarannya begini guys :

ABCD      a. ACBD         b. ABDC         c. ABCD         d. ABBD

112333      a. 112233        b. 122333        c. 111233        d. 112333

A4A11      a. A4A11        b. A4411         c. A4A1I         d. A4AII

Tahap 2 – Interview HR Online

Tanggal 4 Mei 2020, gue dapet email kalau lolos tahap 1 beserta undangan untuk interview HR online lewat Google Hangouts tanggal 5-nya. Jadi dikirim juga 5 orang list kandidat yang akan interview berikut dengan waktunya. Interview-nya sekitar 20 menit dan asiknya nggak pake video call, jadi hanya via suara. Pertanyaannya itu :

a.       Perkenalan diri

b.      Latar belakang pendidikan

c.       Apa yang membuat Anda tertarik melamar diposisi ini

d.      Apa kelebihan Anda

e.       Apa kekurangan Anda

f.       Apa Anda bersedia bekerja shifting

g.      Kapan mulai siap bekerja

h.      Apakah ada pertanyaan

Tahap 3 – Interview User Online

Di hari yang sama, gue langsung dapat email hasil HR Interview. Dan Alhamdulillah gue lolos lagi. Selanjutnya itu final interview/ interview user besok harinya. Waktunya lebih lama yaitu 30 menit dan wajib aktifin webcam. Disini yang interview gue 2 orang, semuanya laki-laki. Pertanyaannya yang gue inget :

a.       Perkenalan diri

b.      Pekerjaan terakhir

c.       Alasan resign

d.      Apakah punya pengalaman menagih hutang

e.       Apa ada pertanyaan

Keliatannya mungkin lebih sedikit dari tahap sebelumnya. Tapi sebenarnya, interviewer ngulik dan cecer balik apa yang udah kalian jawab. Dan kalian betul-betul harus tenang menurut gue. Karena gue ga tenang, jadi ya ambyar guys. Hehehe, disini udah hopeless karena jawaban gue udah asal-asalan banget.

          Finally, hasil interview user hari ini (13 Mei 2020) gue dapet. Yaps, gue belum beruntung join di Shopee. Tapi dihari ini juga, gue dapet undangan tes matematika dari divisi lain di Shopee dan gue fikir ya kita bisa apply di banyak lamaran yang Shopee buka. Asal sesuai bidang kalian yaa

Jadi buat kalian para jobseeker,

Tetap semangat guys,

#SemuaAkanIndahPadaWaktunya

Komentar

  1. Hai Lia, I just found out your Blog and wanna ask you some questions if you don't mind :)

    Kalo boleh tau proses dari kamu apply online sampai offering di Shopee berapa lama waktunya?

    Dapet notification nggak kalo yang di Kalibrr kalo lamaran kita nggak diterima?

    Maaf ya banyak nanya ahaha. Thank you anyway!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, maaf ya baru membalas. Untuk jangka waktu dari apply sampai offering 1 bulan lebih. Dan kebetulan aku nggak apply via kalibrr, tapi sejauh ini pasti dikabari diterima ataupun nggaknya

      Hapus
  2. Hai, Lia. saya Ekas. lagi cari info ttg test kerja di Shopee nemu blog ini hehe. bener-bener membantu.
    hari selasa 23 Feb mau tes online nih, mohon bantuannya untuk kirim soal-soal tes ke email buat belajar boleh ?
    ini emailnya susantiriyadi@gmail.com.
    terima kasih banyak, Lia. :)

    BalasHapus
  3. Pas interview apa disuruh roleplay? Contoh roleplaynya gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu iview debt collector aku nggak ada roleplay. Tapi untuk divisi Business development roleplay ya

      Hapus
  4. Mau tanya ka, kalau ditolak atau tidak keterima oleh shopee apakah mendapatkann email kita ditolak atau bagaimana ya ka? Makasih

    BalasHapus
  5. Kak pakai bahasa Inggris apa Indonesia interview nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini 3x coba apply dishopee tidak diwajibkan bhs inggris

      Hapus
  6. halo kak, salam kenal sebelumnya. Boleh saya tanya2 bisa kemana ya ka? kebetulan saya ada undangan interview juga di shopee dan di divisi yg sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Intan, kamu bisa kontak ke IG aktif aku ya.

      Hapus
  7. halo kak, salam kenal sebelumnya. Boleh saya tanya2 bisa kemana ya ka? kebetulan saya ada undangan interview juga di shopee dan di divisi yg sama

    BalasHapus
  8. hallo kak mau tanya.. apakah kakak masih di shopee posisi collection? dan menurut kakak bagaimana pengalaman bekerja disana terima kasih:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saat ini aku aktif bekerja di shopee untuk divisi business development bagian seller management ya. Dan untuk posisi collection kebetulan aku tidak lolos interview

      Hapus
  9. haloo kak lia.. apakah kakak masih bekerja di Shopee dengan posisi collection? dan boleh sharing pengalaman bekerja disana seperti apa nggak?? terima kasih:))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN LOMBA BAHASA

SOSOK INSPIRASI

TEMUBAKAT.COM ???

Jenis-Jenis PLS dan Program Kesetaraan

5 Alasan Mengapa Disiplin Penting dan Nilainya Dalam Kehidupan Kita

BIOGRAFI WIRANTO