TETAP HEMAT SAAT PANDEMI CORONA, BEGINI CARANYA!

Hai Guys,,

Selama pandemi corona, sebagian besar dari kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Selain karena anjuran dari pemerintah hal ini juga untuk menjaga diri dan keluarga agar tetap aman. Menurut gue, banyak hal yang bisa kita lakuin selama #dirumahaja. Misalnya pelajarin keterampilan baru, bersih-bersih rumah, quality time sama keluarga dan aktivitas lainnya. Tetapi mungkin sulit ngelakuin beberapa hal kalau kita kekurangan uang. Nah, berikut akan gue share tips gimana sih cara menghemat uang kalian selama #dirumahaja #versigue.

Buat Anggaran

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menghemat uang yaitu cari tahu apa saja pengeluaran kita. Meskipun kita nggak kemana-mana, tapi ada aja pengeluaran kita misalnya biaya kuota data untuk streaming drakor, pesan online makanan, dan biaya-biaya lain. Membuat anggaran adalah cara terbaik #versigue sejauh ini. Tujuannya untuk kasih gambaran pengeluaran kita serta bisa evaluasi dimana ada pemborosan dan untuk lebih hemat di bulan berikutnya. Bagi kalian yang masih awam, sekarang udah banyak kok aplikasi manajemen keuangan. So, nggak ada alasan lagi untuk catat anggaran kalian.

Buat Daftar Belanjaan

Meskipun anjuran pemerintah untuk #dirumahaja. Tetapi gue pribadi ataupun kalian pasti akan tetap keluar rumah, misalnya untuk belanja. Nah, seringkali kita semua kalap saat belanja. Rasanya kok ya butuh semua, padahal mah cuma laper mata. Sebetulnya, kebiasaan jelek itu bisa disiasatin loh guys. Kalian hanya perlu buat daftar belanjaan saja. Catat semua barang yang memang kalian perlu, lalu bawa uang secukupnya. Saat sudah di tempat perbelanjaan, fokus cari barang-barang itu, usahakan ambil keranjang belanja yang kecil saja dan langsung cuss ke kasir.

Gunakan Lampu Seperlunya

Karena seluruh waktu dihabiskan di dalam rumah, seringkali kita merasa “perlu” menggunakan lampu. Padahal nyatanya nggak juga loh guys. Kita bisa manfaatkan cahaya alami matahari yang masuk ke dalam rumah ketimbang tetap menyalakan lampu. Menurut gue, penggunaan lampu yang berlebihan bisa jadi satu alasan tagihan listrik kalian naik bulan ini lho. Bayangin kalau 1x24 jam lampu rumah kalian menyala terus, dikalikan jumlah lampu dirumah. Ngeri-ngeri sedep kan..

Simpan Uang Receh Kalian

Pernah nggak sih kalian baca berita “Seorang anak membeli Handphone dengan uang receh” atau “Seseorang membeli motor dengan uang recehan”. So, jangan pernah remehin uang receh. Kalian bisa buktiin sendiri dengan ngumpulin setiap recehan yang kalian punya di satu wadah, bisa botol, toples atau celengan. Misalkan saja, satu hari kalian bisa dapat 5000 rupiah total uang receh yang kalian kumpul. Dalam satu bulan kalian akan dapat 150 ribu guys. Cukup lah untuk beli kuota nonton drakor sebulan.

Gunakan Alat Elektronik secara Wajar

Selain melakukan penghematan lampu. Beberapa alat elektronik yang seringkali kita nggak sadar ternyata punya peran pemborosan. Misalnya, kipas angin dikamar yang dipakai nonstop padahal penggunanya lagi makan dimeja makan dengan alasan “biar tetep adem kalau aku udah selesai makan” atau “aku lupa matiin loh”. Hfftt, jangan lagi-lagi ya guys.

Selanjutnya itu ada dispenser. Saran gue, kalian gaperlu colok 1x24 jam. Emang dispenser itu praktis banget untuk kalian yang butuh air panas mendadak. Tapi bisa dong luangin sedikit tenaga untuk masak air panas saat kalian butuh daripada colok dispenser nonstop padahal butuhnya hanya 1 atau 2 kali waktu aja.

Beberapa alat elektronik lain #versigue yaitu TV, Charger yang terus terpasang, dan sebagainya.

Bekukan atau Batalkan Layanan Berlangganan

Selanjutnya menurut gue adalah catat semua keanggotaan bulanan, langganan dan layanan lain yang sebetulnya kalian nggak manfaatkan. Meskipun biayanya menurut kalian murah, tetapi akan tetap membengkak seiring waktu dan kalau kalian pilih untuk stop berlangganan akan menghemat uang, bukan?

Kalian bisa buat daftar semua langganan bulanan kalian, lanjut untuk periksa yang memang masih kalian gunakan secara teratur. Misalnya kalian berlangganan gym, padahal satu bulan terakhir tidak pernah gym di fitness center dan memilih gym dirumah kalian bisa stop berlangganan gym tersebut.

Gunakan Aplikasi Pesan Antar Seperlunya

Sejujurnya, ini adalah step terberat untuk gue pribadi dan mungkin untuk sebagian dari kalian juga. Dengan banyaknya promo baik di Go*ek ataupun G*ab, perut yang awalnya udah kenyang bisa tiba-tiba jadi laper lagi. Tapi tantangannya ya gimana caranya kita harus kontrol diri untuk nggak jajan terus. Cara terbaik itu uninstall aplikasinya, kalau memang butuh kalian bisa pinjam aplikasi kakak atau adik kalian. Kenapa harus di uninstall? Karena pemborosan itu bermula dari kata “yaudahlah cuma liat-liat doang” berlanjut jadi “beli deh, wong cuma kali ini aja” dan berulang setiap hari.

Isi Waktu Luang dengan Memasak

Masih berkaitan sama step sebelumnya. Alih-alih pesan makanan online, kalian bisa coba masak makanan sendiri. Ada banyak resep di Mbah Google yang bisa kalian re-create bersama keluarga. Menurut gue, ini sangat menghemat pengeluaran kalian. Selain itu, ini juga bisa menambah skill kalian loh. Siapa tahu setelah pandemi corona ini kalian bisa buka rumah makan?

Siapkan Dana Darurat

Saat ini banyak yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Jika kalian masih diberi rezeki untuk bekerja, sisihkan penghasilan kalian untuk membangun dana darurat. Apabila semula kalian menyisihkan uang untuk travelling atau pengeluaran tidak penting, pertimbangkan untuk memindahkan uang itu ke dana darurat. Ke depannya kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi guys, dengan dana tersebut kalian akan lebih prepare untuk biaya bertahan hidup.

 

Oke Guys,

Jadi itu aja beberapa tips berhemat selama pandemi corona #versigue.

Untuk kalian yang punya tips lainnya, bisa share di bawah ya…

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN LOMBA BAHASA

INTERVIEW DI SHOPEE POSISI DEBT COLLECTION VIA ONLINE

SOSOK INSPIRASI

TEMUBAKAT.COM ???

Jenis-Jenis PLS dan Program Kesetaraan

5 Alasan Mengapa Disiplin Penting dan Nilainya Dalam Kehidupan Kita

BIOGRAFI WIRANTO